Risk Base Thinking Vs. Risk Management

No Comments
  • Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi, Risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian. (Wikipedia)
  • Mananejemen Risiko adalah Proses sistematis untuk melakukan assessmen, control, komunikasi, dan tinjauan terhadap risiko sebuah produk atau proses selama produk lifecycle atau proses tersebut berjalan.
  • Risk base thinking adalah pemikiran berbasis risiko, artinya ketika sebuah produk dibuat atau sebuah proses dilakukan maka akan ada risiko yang muncul, dengan menerapkan risk base thinking maka setiap PIC yang menjalankan megetahui dan sadar dengan risiko yang ada; apakah PIC tersebut mau melakukan tindakan pencegahan risiko/ risk mitigation secara sistematis atau tidak, hal tersebut merupakan keputusan dari PIC tersebut.
  • Apakah Risk base thinking sama dengan manajemen risiko? Jika pertanyaan ini muncul dibenak anda, tentu jawabannya kembali lagi ke interpretasi masing-masing orang. Coba dipertimbangkan lagi konsep dari keduanya Risk base thinking mensyaratkan setiap orang untuk berpikir berdasarkan risiko yang mungkin terjadi begitu juga dengan manajemen risiko, akan tetapi apakah pemikiran tersebut harus sistematis, terstruktur dan menggunakan tools tertentu serta dikomunikasikan dengan cara-cara khusus; hal tersebut tidak menjadi persyaratan dari risk base thinking. Sehingga jika muncul pertanyaan selanjutnya, apakah risk base thinking harus dijalankan dengan prinsip manajemen risiko, tentu saja tidak tapi apabila terdapat pertanyaan sebaliknya; apakah dengan melakukan manajemen risiko kita sudah menjalankan risk base thinking, jawabannya BENAR SEKALI, manajemen risiko adalah salah satu bentuk spesifik dalam menerapkan risk base thinking, akan tetapi kembali lagi bahwa risk base thinking tidak mensyaratkan sampai sedetail itu, keputusan selanjutnya apakah anda akan menggunakan manajemen risiko atau tools yang ada di dalam risk management keputusan di tangan anda.
  • picture12picture11

About us

Robere & Associates offers a selection of management training courses and programs to fit varying needs.

No Comments
 

Leave a Comment